Abstrak
Dizaman yang semakin
canggih ini. Dunia usahapun sangat harus diperhitungkan agar produk yang kita
hasilkan tetap diinginkan oleh konsumen. Ada cara yang harus kita perhatikan
dalam mengembangkan produk kita dipasaran yaitu : taktik pemasaran, yang mana
taktik ini digunakan agar kita tahu apa saja yang diinginkan oleh konsumen dan
produk yang kita jual berbeda dengan produk yang orang lain jual. Didalam
taktik pemasaran terdapat unsur pemasaran yaitu diferensiasi, bauran pemasaran,
(marketing mix ) dan personnel selling.
Kata kunci
Konsumen, taktik
pemasaran, diferensiasi, bauran pemasaran (marketing mix)
Taktik
pemasaran
Pengertian
taktik pemasaran
Adalah
sebuahstrategi untuk meningkatkan produk yang kita jual agar banyak disukai
oleh konsumen atau si pemakai. Namun disini kita harus membedakan apa itu strategi dan taktik.
Strategi
adalah penetapan arah keseluruhan dari bisnis, sedangkan taktik ialah implementasi dan strategi dan menekankan pada bagian-bagian
tertentu dalam kegiatan bisnis tersebut. Didalam taktik pemasaran terdapat unsur
pemasaran yaitu :
·
Diferensiasi
·
Bauran pemasaran ( marketing mix )
v Diferensiasi
adalah sebuah tindakan yang merancang satu set yang terkait dengan cara
membangun strategi pemasaran diberbagai
aspek perusahaan. Kegiatan membangun strategi pemasaran inilah yang membedakan
diferensiasi yang dilakukan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
Terdapat pada diferensiasi menurut lima dimensi, yaitu :
·
Diferensiasi produk
·
Diferensiasi pelayanan
·
Diferensiasi personil
·
Diferensiasi citra
·
Diferensiasi saluran
Diferensiasi produk, produk yang lebih
unggul dari pada pesaing, tentu akan mendatangkan konsumen yang lebih banyak,
jadi perusahaan harus bisa mengolah produknya, sehingga bisa unggul dengan
pesaingnya tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak agar bisa menghasilkan
laba yang memuaskan.
Diferensiasi pelayanan, jika produk
tersebut tidak memungkin untuk diperbaiki, maka langkah lain yang bisa ditempuh
perusahaan adalah dengan memperbaiki pelayanan yang bisa menambah nilai positif
serta meningkatkan kualitas dari berbagai hal, misalnya dalam segi pengiriman,
pemeliharaan, perbaikan produk dan lain sebagainya.
Diferensiasi personil, dengan memiliki
karyawan yang baik, serta memberikan pelatihan, pendidikan secara intensif,
maka perusahaan dapat memperoleh keunggulan kompetitif dari pada pesaingnya.
Adapun personil atau karyawan yang terlatih dengan baik maka mereka akan
menunjukkan enam karakteristik yaitu : kemampuan, kesopanan, kredibilitas
(dapat dipercaya), dapat diandalkan, cepat tanggap dan komunikatif.
Diferensiasi citra dalam perusahaan,
dalam hal ini dituntut untuk membentuk sebuah citra, meskipun citra yang baik,
maka konsumen akan tetap membeli produk tersebut. Citra yang efektif akan
melakukan tiga hal terhadap produknya, yang pertama adalah menyampaikan satu
pesan tunggal untuk memantapkan karakter yang berbeda dengan para pesaing.
Kedua adalah menyampaikan pesan ini dengan cara yang berbeda dari pada pesaingnya.
Ketiga adalah mengirimkan kekuatan emosional sehingga membangkitkan hati maupun
pikiran pembeli.
v Bauran
pemasaran (marketing mix). Setiap perusahaan selalu berusaha untuk berkembang
agar bisa tetap hidup dan bisa bersaing dengan para pesaingnya. Oleh sebab itu
perusahaan membuat strategi pemasaran yang terpadu, dan salah satu startegi
yang digunakan perusahaan adalah bauran pemasaran (marketing mix), yaitu
terkait dengan kegiatan mengenai produk, harga, promosi, dan tempat atau lebih
yang dikenal dengan sebutan 4p yaitu : product, price, promotion dan place.
Startegi-strategi ini saling berpengaruh sehingga sudah menjadi satu kesatuan
yang tidak bisa dipisahkan dan strategi ini sangat penting untuk dijadikan
pemimpin sebagai pedoman dalam mengendalikan perusahaan untuk mencapai sebuah
tujuan.
v Personel
selling
Adalah
improvisasi dari penjualan dengan menggunakan komunikasi a person to person communication. Personel selling ini sangat
dominan dalam industri. Dalam marketing mix communication, personnel selling
merupakan mitra pentingnya dan tidak dapat digantikan dengan elemen promosi
lainnya. Personel selling biasanya dilaksanakan oleh sales dibawah naungan
sales manager yang mempromosikan produk secara langsung kepada target market.
Belch dan Belch
menyebutkan satu istilah dalam personel selling yaitu dyadic communication
mereka menyebutnya “thus direct and
interpersonal communication lets sender immediately receive and evaluate
feedback from the receiver. This communication
process, known as dyadic communication (between two people or groups) allows
for more specific tailoringof the message and more personnel communication than
do many of other media discussed” (2004 : 599)
Daftar pustaka
Rd.
soemanagara. Strategic marketing
communication konsep strategis dan penerapan. Bandung : Alfabeta, 2008
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2173383-unsur-taktik-pemasaran/
#ixzz27SYK0FOO
Website
PromoXchange
mkasih gan ,,, postingan ttg taktik-pemasaran , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !
BalasHapusBolo bolo
BalasHapus