Rabu, 26 Desember 2012

Taktik Pemasaran



Abstrak
Dizaman yang semakin canggih ini. Dunia usahapun sangat harus diperhitungkan agar produk yang kita hasilkan tetap diinginkan oleh konsumen. Ada cara yang harus kita perhatikan dalam mengembangkan produk kita dipasaran yaitu : taktik pemasaran, yang mana taktik ini digunakan agar kita tahu apa saja yang diinginkan oleh konsumen dan produk yang kita jual berbeda dengan produk yang orang lain jual. Didalam taktik pemasaran terdapat unsur pemasaran yaitu diferensiasi, bauran pemasaran, (marketing mix ) dan personnel selling.

Kata kunci
Konsumen, taktik pemasaran, diferensiasi, bauran pemasaran (marketing mix)




Taktik pemasaran
Pengertian taktik pemasaran
Adalah sebuahstrategi untuk meningkatkan produk yang kita jual agar banyak disukai oleh konsumen atau si pemakai. Namun disini kita harus membedakan apa itu strategi dan taktik.
Strategi adalah penetapan arah keseluruhan dari bisnis, sedangkan taktik ialah implementasi dan strategi dan menekankan pada bagian-bagian tertentu dalam kegiatan bisnis tersebut. Didalam taktik pemasaran terdapat unsur pemasaran yaitu :
·         Diferensiasi
·         Bauran pemasaran  ( marketing mix )

v  Diferensiasi adalah sebuah tindakan yang merancang satu set yang terkait dengan cara membangun strategi pemasaran  diberbagai aspek perusahaan. Kegiatan membangun strategi pemasaran inilah yang membedakan diferensiasi yang dilakukan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Terdapat pada diferensiasi menurut lima dimensi, yaitu :
·         Diferensiasi produk
·         Diferensiasi pelayanan
·         Diferensiasi personil
·         Diferensiasi citra
·         Diferensiasi saluran

*      Diferensiasi produk, produk yang lebih unggul dari pada pesaing, tentu akan mendatangkan konsumen yang lebih banyak, jadi perusahaan harus bisa mengolah produknya, sehingga bisa unggul dengan pesaingnya tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak agar bisa menghasilkan laba yang memuaskan.
*      Diferensiasi pelayanan, jika produk tersebut tidak memungkin untuk diperbaiki, maka langkah lain yang bisa ditempuh perusahaan adalah dengan memperbaiki pelayanan yang bisa menambah nilai positif serta meningkatkan kualitas dari berbagai hal, misalnya dalam segi pengiriman, pemeliharaan, perbaikan produk dan lain sebagainya.
*      Diferensiasi personil, dengan memiliki karyawan yang baik, serta memberikan pelatihan, pendidikan secara intensif, maka perusahaan dapat memperoleh keunggulan kompetitif dari pada pesaingnya. Adapun personil atau karyawan yang terlatih dengan baik maka mereka akan menunjukkan enam karakteristik yaitu : kemampuan, kesopanan, kredibilitas (dapat dipercaya), dapat diandalkan, cepat tanggap dan komunikatif.
*      Diferensiasi citra dalam perusahaan, dalam hal ini dituntut untuk membentuk sebuah citra, meskipun citra yang baik, maka konsumen akan tetap membeli produk tersebut. Citra yang efektif akan melakukan tiga hal terhadap produknya, yang pertama adalah menyampaikan satu pesan tunggal untuk memantapkan karakter yang berbeda dengan para pesaing. Kedua adalah menyampaikan pesan ini dengan cara yang berbeda dari pada pesaingnya. Ketiga adalah mengirimkan kekuatan emosional sehingga membangkitkan hati maupun pikiran pembeli.

v  Bauran pemasaran (marketing mix). Setiap perusahaan selalu berusaha untuk berkembang agar bisa tetap hidup dan bisa bersaing dengan para pesaingnya. Oleh sebab itu perusahaan membuat strategi pemasaran yang terpadu, dan salah satu startegi yang digunakan perusahaan adalah bauran pemasaran (marketing mix), yaitu terkait dengan kegiatan mengenai produk, harga, promosi, dan tempat atau lebih yang dikenal dengan sebutan 4p yaitu : product, price, promotion dan place. Startegi-strategi ini saling berpengaruh sehingga sudah menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan strategi ini sangat penting untuk dijadikan pemimpin sebagai pedoman dalam mengendalikan perusahaan untuk mencapai sebuah tujuan.
v  Personel selling
Adalah improvisasi dari penjualan dengan menggunakan komunikasi a person to person communication. Personel selling ini sangat dominan dalam industri. Dalam marketing mix communication, personnel selling merupakan mitra pentingnya dan tidak dapat digantikan dengan elemen promosi lainnya. Personel selling biasanya dilaksanakan oleh sales dibawah naungan sales manager yang mempromosikan produk secara langsung kepada target market.
Belch dan Belch menyebutkan satu istilah dalam personel selling yaitu dyadic communication mereka menyebutnya “thus direct and interpersonal communication lets sender immediately receive and evaluate feedback from the receiver. This communication process, known as dyadic communication (between two people or groups) allows for more specific tailoringof the message and more personnel communication than do many of other media discussed” (2004 : 599)









Daftar pustaka
Rd. soemanagara. Strategic marketing communication konsep strategis dan penerapan. Bandung : Alfabeta, 2008

http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2173383-unsur-taktik-pemasaran/ #ixzz27SYK0FOO
Website PromoXchange

  

2 komentar:

  1. mkasih gan ,,, postingan ttg taktik-pemasaran , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

    BalasHapus