Strategi
pemasaran
1. Pengertian strategi
Definition
of strategy is a fundamental plan of action that is intended to accomplish the
company’s objective ( Lesser Robert Bittel 1978 : 942 )
Definisi strategi ialah suatu rencana yang
fundamental untuk mencapai tujuan perusahaan.
Kenneth R. Andrews menyatakan bahwa strategi
perusahaan adalah pola keputusan dalam perusahaan yang menentukan dan
mengungkapkan sasaran, maksud atau tujuan yang menghasilkan kebijaksanaan utama
dan merencanakan untuk pencapaian tujuan serta merinci jangkauan bisnis yang
akan dikejar oleh perusahaan.
Perbedaan Strategi dan Taktik
Strategy
is directional actions decisions for the company as awhole and for any function
or area of the business, sedangkan tactic
is implementation of the strategies, with emphasisnormally confined to the
direct line functions of the business, such as sales and marketing, manufacturing, engineering,
research, and development.
Jadi
strategi adalah penetapan arah keseluruhan dari bisnis, sedangkan taktik ialah
merupakan implementasi dari strategi yang menekankan pada bagian-bagian
tertentu dalam kegiatan bisnis.
2. Variabel strategi
Ada
dua variabel besar dalam strategi pemasaran, yaitu variabel yang dapat
dikontrol dan variabel yang tidak dapat dikontrol ( Alex D. Triyana 1985 : 19 )
a) Variabel
yang tidak dapat dikontrol ialah :
·
Keadaan persaingan
·
Perkembangan teknologi
·
perubahan demografik
·
Kebijakan politik dan ekonomi
·
sumber daya alam
b) Variabel
yang dapat dikontrol
·
Marketing segmentation
·
Marketing mix
·
Marketing budget
·
Timing ( Alex D. Triyana MBA, 1985 : 17
)
Market
segmentation
salah satu definisi
segmen pasar menyatakan a market segment consists of a large identifiable group
within a market with similar wants, purchasing power, geographical location,
buying attitudes, or buying habits. ( Kotler 2000 : 256 ). Dalam kebijaksanaan
pemasaran pengusaha harus menetapkan srtategi arah sasaran dan pemasarannya.
sekarang banyak pilihan spesialisasi pasar yang dapat menjadi alternative para
produsen diantaranya :
·
Segment marketing
·
Niche marketing
·
Local marketing
·
Individual marketing
Ada beberapa cara untuk menyusun segmen pasar antara
lain :
·
Berdasarkan geografis
·
Berdasarkan demografis
·
Berdasarkan Psikologis
·
Berdasarkan segmentasi perilaku
Marketing
budget
strategi pemasaran jumlah dana untuk kegiatan
marketing sangat mempengaruhi keberhasilan pemasaran. pada umumnya apabila dana
bertambah untuk kegiatan marketing maka jumlah penjualan meningkat. namun tidak
sedemikian jumlah peningkatan dana kegiatan marketing , tidak otomatis akan
meningkatkan jumlah penjualan. jika demikian halnya maka seluruh produsen akan
sukses, semua barang akan laku, hanya dengan stategi menambah anggaran belanja
marketing.
Timing
Disini para pengusaha harus menjaga waktu, kapan ia
harus mulai melancarkan pemasaran barang-barangnya, atau kapan sebuah toko atau
restoran mulai dibuka.
Marketing
Mix
Marketing mix ini merupakan strategi mencampur
kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga
mendatangkan hasil paling memuaskan. Ada empat komponen yang tercakup dalam
kegiatan marketing mix ini yang terkenal dengan sebutan 4P, yang akan dianalisa
satu persatu.
·
Product
·
Price
·
Place / Distribution
·
Promotion
3. Strategi dalam setiap siklus
kehidupan produk
Sebuah produk mengalami siklus kehidupan yang
dimulai dengan masa introduksi atau pengenalan ,pertumbuhan, kejenuhan dan
akhirnya menurun (introduksinya, growth, maturity, decline ). pada setiap tahap
ini berbagai strategi dapat dilaksanakan.
pada
tahap introduksi, dapat dilakukan staregi
antara lain :
·
Berusaha selalu memperbaiki penampilan
produknya
·
menyebarkan barang sebanyak-banyaknya ke
seluruh toko sehingga semua toko dapat diisi, tentu iniharus sesuai dengan
sifat barangnya.
·
Kemudian berusaha mendorong agar
barang-barang yang sudah masuk kedalam
toko (sell-in ) dapat terjual
dengan segera (sell-out) dengan cara
memasang iklan dan cara promosi lainnya di mana-mana secara gencar.
Pada
tahap Growth dimana produk lagi
disenangi oleh konsumen dan omzet penjualan terus meningkat, strategi yang
harus dilakukan adalah :
·
usahakan penjualan terus menerus mencari
segmen baru, agar penjualan makin meningkat. ini berarti harus meningkatkan
jumlah salesman, dan armada pengangkutan ke daerah yang lebih jauh.
·
selalu memperbaiki mutu produk, dengan
penampilan yang tetap menarik, atau kita dapat menciptakan produk baru
·
pertimbangkan strategi menurunkan harga
terhadap barang-barang yang harganya tinggi, agar dapat tercapai oleh konsumen
golongan menengah atau rendah
Pada tahap maturity
produk sudah mulai agak jenuh, konsumen mulai bosn,mereka menunggu-menunggu
produk baru atau menunggu rasa lain, dari produk tersebut. sifat manusia,
selalu bosan jika diberi barang itu-itu saja, mereka ingin variasi lain,
Dalam hal ini produsen
dapatmelakukan strategi seperti :
·
Berusaha mencari segmen kecil atau
marketi niche atau relung-relung pasar, yang belum terisi oleh produknya dengan
harapanagar dapat ditarik konsumen baru.
·
Menciptakan produk dengan kemasan besar,
sehingga jumlah penjualan tetap meningkat.
·
memperbaiki penampilan produk dengan
suatu yang baru, dengan sedikit perbaikan.
Pada tahap Decline,
keadaan produk mulai menyedihkan, karena permintaan konsumen sangat
menurun. jika yang tidak tertolong lagi akan menyebabkan produk tersebut
ditinggalkan oleh konsumen (abandonment). strategi yang dapat dilakukan ialah :
·
jika gejalanya sudah parah, terpaksa
anggaran promosi dikurangi, agar pengeluaran dapat ditekan
·
pusatkan perhatian pada pasar yang masih
ada harapan dapat menyerap produk sedangkan pasar lainnya diabaikan saja
·
strategi terakhir ialah hentikan pasaran
produk dan menciptakan produk lain, yang akan mula diintroduksi lagi
4. Strategi dalam berbagai situasi
pemasaran
strategi
jenis barang dan jasa yang ditawarkan di pasar mengalami situasi pemasaran yang
berbeda. Ada berbagai jenis permintaan yang harus diantisipasi oleh pihak
produsen antara lain:
·
permintaan negatif
·
tidak ada permintaan
·
permintaan laten
·
permintaan tersendat-sendat (faltering
demand)
·
permintaan tidak teratur
·
permintaan penuh
·
permintaan berlimpah
·
permintaan tidak sehat
5.
Turbo marketing
Konsep
turbo marketing ini diperkenalkan oleh Philip kotler lewat artikelnya dalam The
journal of business strategy, bulan September / oktober 1991 dengan judul “turbo
marketing through compression”. Konsep turbo marketing ini merupakan
perkembangan terakhir dari gejala pemasaran yang menghendaki layanan tercepat buat
konsumen. Kecepatan layanan merupakan tuntutan konsumen masa kini, sejalan
dengan meningkatnya suasana globalisasi disegala bidang kehidupan dan dunia
makin transparan, tidak ada lagi batas antara Negara-negara, waktu dari jam
berjalan sangat cepat.
6.
Mega marketing
untuk
memasuki suatu pasar tertentu yang tampaknya sulit, biasanya dapat ditembus
menggunakan mega marketing. Apa yang dimaksud dengan mega marketing adalah the
strategy coordination of economic, psychological, political and public
relations skill to gain the cooperation of a number of parties in order or /
operatein a given market. (Philip kotler, 1997 : 274). Artinya : mega marketing
adalah koordinasi yang strategi dari keahlian ekonomi, psikologi, politik, dan
keahlian public relation untuk mendapatkan kerja sama dari berbagai pihak untuk
memasuki pasar tertentu.
7.
Pemasangan papan reklame
Papan
reklame hendaknya dipasang terus menerus, sebab jika papan reklame ini dicabut,
rusak tidak diperbaharui akibatnya orang yang belum pernah melihat / membacanya
tidak akan mengetahui reklame tersebut. Padahal dikatakan pasar itu merupakan
suatu parade.
Market
is a parade. parade inilah yang akan menonton reklame . jadi jika reklame ini
dicabut maka generasi yang pawai dibelakang ini tidak akan mengenal barangnya.
Agar behasil maka produsen harus memasang reklame terus menerus sesuai dengan
anggaran yang tersedia, agar para konsumen tidak lupa akan produk tersebut dan
selalu melekat di hati konsumen.
Daftar pustaka
Buchari, manajemen pemasaran dan
pemasaran jasa, Bandung : Alma alfabeta. 2009.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar